Selasa, 04 Desember 2012

Informasi Penting bagi TKI Sebelum Berangkat ke PEA (Uni Emirat Arab - Abu Dabhi)


1.      Pastikan keberangkatan anda sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan Pemerintah untuk dapat menjamin hak dan perlindungan kepada anda. Pemberangkatan harus melalui agen resmi yang terdaftar di Perwakilan RI. 

2.      Pastikan anda menyimpan dan harus selalu membawa foto copy dari dokumen penting, seperti: paspor, visa, dan perjanjian kerja.

3.      Mengikuti Pembekalan Akhir Pemberangkatan (PAP) dan pastikan anda telah siap secara mental untuk berangkat kerja ke PEA.

4.      Memahami hukum dan dan peraturan PEA termasuk kontrak kerja yang berlaku di PEA.

5.      Memahami bahasa, sistem kerja, adat istiadat, budaya, dan kebiasaan negara setempat, seperti: berpacaran, berbicara dengan laki-laki yang tidak dikenal, tidak memakai jilbab, memakai pakaian yang mengumbar aurat, dan lain-lain. 

6.      Membiasakan diri mengingat nama PT di Jakarta dan agen di PEA untuk memudahkan pendataan dan klarifikasi. 

7.      Membiasakan diri untuk bertanya kalau tidak mengerti atau tidak mengetahui hal – hal yang berhubungan dengan pekerjaan, gaji, dan sebagainya sebagaimana yang tercantum dalam kontrak kerja.

8.      Pastikan anda menyimpan dan harus selalu membawa foto copy nomor telepon PT, agen, dan Perwakilan RI di PEA. Nomor telepon KBRI Abu Dhabi: (02-4454448), KJRI Dubai: (04-3985666).

Alamat Kedutaan RI
Embassy of the Republic of Indonesia,
Zone 2, Sector 79, Villa No. 474,
Sultan Bin Zayed Street (Str.32),
Al Bateen Area
(P.O.BOX 7256), Abu Dhabi, United Arab Emirates